30.1.11

Masjid Al-Akbar Surabaya

Masjid Agung Al-Akbar Surabaya. Orang-orang Surabaya atau yang tinggal di Surabaya pasti kenal atau paling tidak pernah dengar nama tempat ini. Yap, Masjid Agung Al-Akbar atau biasa disebut MA adalah sebuah masjid besar di Surabaya, tepatnya di daerah Pagesangan, dekat dengan jalan tol Surabaya-Gempol. Masjid Al Akbar diresmikan pada tanggal 10 November 2000 oleh Presiden RI yang saat itu dijabat oleh Bapak Abdurrahman Wahid.

Di kota-kota umumnya, masjid agung atau masjid utama seperti ini biasanya terletak di sisi barat alun-alun, sesuai dengan tata kota yang baik dan indah. Namun, berhubung Surabaya tidak punya alun-alun seperti tata kota di kebanyakkan kota, maka masjid ini juga tidak terletak di sebelah barat alun-alun. :D

MA memang masjid yang besar, ornamen ukuran di dindingnya menyajikan nuansa mewah. Makanya, tak heran dan tak jarang masjid ini digunakan untuk pasangan yang menikah, entah sekedar untuk ijab qabul hingga resepsi pernikahan. Lagipula, masjid ini memang memiliki area yang sangat luas dan desain bangunan yang megah dan indah.

Berdiri diatas tanah seluas 11,2 hektar dengan luas bangunan 28.509 meter persegi, MA menjadi masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Kesan unik dari bangunan ini terletak pada desain kubah masjid yang unik seperti struktur daun dengan kombinasi warna hijau dan biru yang memberikan kesan sejuk dan segar.

Jika malam datang, masjid ini menjadi sangat ramai. Banyak pedagang kaki lima berjajar mengitari jalan seberang masjid. Ada jagung bakar, jus buah, somay, batagor, nasi goreng, kopi, dan berbagai jenis santapan ringan. Paling enak kalo ke sini bareng temen-temen, nongkrong dan ngobrol sepuasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates